The Commitment

Ah…sudah cukup lama tidak menulis di blog pribadi ini, lalu tiba-tiba punya  keinginan yang cukup kuat untuk sekedar menulis tetapi yang berkaitan dengan suasana hati.

Komitmen,… sebuah kata yang tidak jarang kita dengar ketika sebuah pekerjaan, baik yang kecil atau besar sekalipun menjadi sebuah pertaruhan akan kesuksesan pekerjaan/proyek.

Saat ini, menjadi cukup sulit mencari komitmen, mungkin disebabkan pergeseran makna dari komitmen tersebut, apa lagi yang berhubungan dengan dunia politik. Tapi bukan politik yang menjadi fokus saya hari ini.

Komitmen atau janji yang diucapkan menjadi suatu amanah yang berat jika diucapkan oleh orang-orang yang tidak memiliki visi misi yang jelas. Sehingga sudah selayaknya seorang pemimpin memiliki kepekaan visi misi kemudian menjaring mitranya agar visi misi tersebut tercapai. Pemahaman visi misi yang digagas hendaknya benar-benar dipahami dan seringkali harus ‘mengorbankan’ keperluan individu.

Sikap egois dan menang sendiri tidak akan bertahan cukup lama dalam situasi saat ini, terlebih dalam komunitas yang sama. Sehingga ketika visi misi sudah dicanangkan, semua elemen harus fokus kepada bagaimana mencapai visi dan misi tersebut.

Keberhasilan mencapai visi misi merupakan keberhasilan kepempimpina yang efektif, diperlukan pengorbanan yang kadang tidak sedikit, baik mitra terlebih pemimpin itu sendiri.

Oleh sebab itu, marilah menjadi orang yang bermanfaat dengan memahami visi misi dan kemudian berkomitmen terhadap tugas dan tanggung jawab.

 

Medio Mei 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *